PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT. FURNILUX INDONESIA

Authors

  • Handoko Syahputra Salim STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Thomas Sumarsan Goh Universitas Methodist Indonesia
  • Errie Margery STIE Professional Manajemen College

DOI:

https://doi.org/10.57249/jbk.v8i1.75

Abstract

PT. Furnilux Indonesia is a company that runs in the field of services where the goods offered are furniture or more precisely items related to household equipment such as: chairs, tables, wardrobes, decorative cabinets and others. Companies rarely communicate to consumers so consumers rarely know the existence of PT. Furnilux Indonesia and the company are very out of date in communicating its products to consumers. Consumers complained about the product motives that were laughing to consumers not in accordance with what was promised. The purpose of this study was to analyze the effect of marketing and product communication on purchasing decisions at PT. Furnilux Indonesia.The population in this study are consumers at PT. Furnilux Indonesia, located in Medan, North Sumatra, 125 people began in March 2020 – June        2020. So the sample of this study was 95 respondents. Data collection techniques used are: questionnaire, questionnaire, library research. Analysis of the data used in this study is multiple linear regression analysis.The results showed that marketing communication partially affected purchasing decisions at PT. Furnilux Indonesia. Partially, the product affects the Purchasing Decision at PT. Furnilux Indonesia. Simultaneously marketing communication and product influence on purchasing decisions at PT. Furnilux Indonesia.

References

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung L CV. Pustaka Setia.

Alma, Buchari. 2018. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Arifin, Johar. 2017. SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT. Gramedia.

Assauri, Saofjan. 2018. Manajemen Bisnis Pemasaran. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada, Depok.

Budianto, Apri. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. Yogyakarta : Ombak.

Bintoro. 2007. Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kepercayaan akan Merek dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Kartu Simpati di Kota Solo.

Fatih Imantoro, Suharyono, dan Sunarti. 2018. Pengaruh Citra Merek, Iklan, dan Cita Rasa terhadap Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Mi Instan Merek Indomie di Wilayah Um Al- Haman Riyadh).

Feriyanto, Andri dan Endang Shyta Triana. 2015. Pengantar Manajemen (3 in 1) Untuk Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta : Penerbit Pustaka Baru.

Febriani, Nufian, Wayan Weda, dan Asmara Dewi. 2018. Teori dan Praktis : Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Universitas Brawijaya Press.

Firmansyah, Anang. 2019a. Pemasaran Produk dan Merek : Planning dan Strategy. Qlara Media.

Firmansyah, Anang. 2019b. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Qlara Media.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multi variate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 5. Jakarta : Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. 2017. Pengantar Bisnis. Edisi Kedua. Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Hantono. 2017. Konsep Analisa Laporan Keuangan Dengan Pendekatan Rasio & SPSS. Yogyakarta : Deepublish (CV Budi Utama).

Kansa Fadhilah. 2014. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Berdampak pada Loyalitas (Studi Pada Konsumen Wardah di Semarang).

Kesumawati, Nila; Allen Marga Retta dan Novita Sari. 2017. Pengantar Statistika Penelitian. Depok: Penerbit RajaGrafindo Persada.

Malau, Harman. 2018. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Alfabeta.

Morissan. 2015. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Cetakan Pertama. Jakarta : Kencana

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung : Alfabeta.

Sekar, Christina Ariadne. 2017. Teknik Mengelola Produk & Merek Konsep dan Aplikasi Pada Fast Moving Consumer Goods. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Setiyaningrum, Ari, Udaya Jusuf dan Efendi. 2015. Prinsip-prinsip Pemasaran. Yogyakarta : Andi.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori & Implentasi. Yogyakarta : Andi.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Supriantna, Yuda, Yoga Adiyanto dan Deni Sunaryo. 2019. Induksi Manajemen Pemasaran. Qlara Media.

Suprapto, Haddy. 2017. Metodologi Penelitian Untuk Karya Ilmiah. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Goysen Publishing.

Sunyoto, Danang. 2015. Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Penerbit PT Caps.

Suryabrata, Sumadi. 2018. Metodologi Penelitian. Depok. : PT RajaGrafindo Persada.

Thoifah. 2016. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan Pertama. Malang : Madani 2015

Tjiptono, Fandy. 2015. Startegi Pemasaran Distribusi Pelanggan Pasar Branding Produk Harga. Edisi 4. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta : Andi.

Wibowo, Lili Adi dan Donni Juni Priansa. 2017. Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung : Alfabeta.

Widodo. 2017. Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Jakarta : Rajawali Pers

Downloads

Published

2022-06-30