PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN DAN DISKON TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. ATMINDO TBK TANJUNG MORAWA
DOI:
https://doi.org/10.57249/jbk.v7i2.65Abstract
Consumer satisfaction is a measurement of consumers or users of company products or services who are very happy with the products or services received. Discounts are discounts given by marketers to consumers as a reward for certain activities of a pleasant purchase for marketers. Sales volume is an achievement that is expressed quantitatively from a physical point of view of a product and is something that indicates the ups and downs of sales which are expressed in terms of units, kilos, tonnes or liters.This research uses descriptive quantitative research. The data analysis technique used in this study is multiple linear regression analysis. The measurement scale used is a Likert scale. Simultaneously, there is a significant influence between customer satisfaction and discount variables on sales volume. While partially found that the customer satisfaction variable has a significant effect on sales volume. Partially found that the discount variable has a significant effect on sales volume.
Â
Keywords: Customer Satisfaction, Discounts, Sales Volume
References
Buku:
Djunaidi, Firman Gazali. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Minyak Kayu Putih Pada Ketel Walbarua di Desa Ubung. Pasuruan: Qiara Media.
Firmansyah, Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Fitrah, dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian; Penelitian Kuantitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus. Jawa Barat: Jejak Publisher.
Herlina, Vivi. 2019. Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Hery. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Grasindo.
Indahningwati, Asmara. 2019. Jakad Media Publishing. Jakad Media Publishing, Surabaya.
Ismayani, Ade. 2019. Metodologi Penelitian. Jakarta : Syiah Kuyala University Press
Jaya, I Made Laut Mertha. 2019. Pengolahan Data Kesehatan Dengan SPSS. Yogyakarta : Thema Publishing.
JUD. 2016. Langkah Pertama Jadi Pengusaha. Jakarta: Jubilee Enterprise.
Kurniawan, Arief Rakhman. 2018. Dasar-Dasar Marketing (Segala Hal Tentang Marketing dan Sales). Yogyakarta : QUADRANT.
Larasati, Sri. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Limakrisna, Nandan dan Togi Parulian Purba. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Mahardika, Arvin, Khairul Yuliana, Eva Nurdinawai dan Fadil Efendi. 2017. Tes CPNS 2017. Jakarta Selatan: Asoka Aksara.
Marwanto, Aris. 2019. The Guide Book of Sales. Yogyakarta: Quadrant.
Mukthazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.
Neolaka, Amos dan Grace Amialia Neolaka. 2017. Landasan Pendidikan (Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana.
Ngalimun, Ropiani dan H. Anwar. 2019. Komunikasi Bisnis dan Kewirausahaan Dalam Islam. Yogyakarta : Dua Satria Offset.
Nuralam, Inggang Perwangsa. 2017. Etika Pemasar dan Kepuasan Konsumen Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Malang: UB Press.
Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Nurhayani dan Deni Sunaryo. 2019. Strategi Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Qiara Media.
Priyatno, Duwi. 2018. SPSS : Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa dan Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Sahir, Syafrida Hafni, Abdurrozzaq Hasibuan, dan Siti Aisyah. 2020. Gagasan Manajemen. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Slameto. 2020. Pembaruan Manajemen Pendidikan. Surabaya: Qiara Media Partner.
Soemohadiwidjojo, Arini. 2017. Key Performance Indicator Untuk Perusahaan Industri. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Studio, Cyber Jannah. 2019. 21 Ide Bisnis Online Offline Dashyat Untuk Kalangan Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta : Cyber Jannah Studi Publishing.
Sudarsono, Heri. 2020. Buku Ajar: Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Media.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. PenerbitAndi Offset Yogyakarta.
Sukoco, Sampir Andrean. 2018. NEW Komunikasi Pemasaran: Teori dan Aplikasinya. Jember : CV. Pustaka Abadi.
Supriatna, Yuda, Yoga Adiyanto, dan Deni Sunaryo. 2019. Induksi Manajemen Pemasaran. Surabaya: Qiara Media.
Tjiptono, Fandy. dan Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Strategik. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
_____________. dan Anastasia Diana. 2019. Kepuasan Pelanggan-Konsep, Pengukuran dan Strategi. Penerbit Andi Offset, Yogyakarta.
Wahyu, Bintang. 2019. Best Book TPA OTO Bappenas. Jakarta: Agromedia.
Wahyudi, Setyo Tri. 2017. Statistika Ekonomi (Konsep, Teori dan Penerapan). Malang: UB Press.
Wardhani, Siti Pramitha Retno. 2019. Intisari Biologi Dasar. Diandra Kreatif.
Zebua, Manahati. 2018. Pemasaran Produk Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Bukan Buku:
Baskara, Indra Bayu. 2015. Pengaruh Potongan Harga Terhadap Pembelian Tidak Terencana (Impulse Buying) (Studi Pada Pengunjung Matahari Department Store Johar Plaza Jember). Jurnal Manajemen Bisnis.
Kartika, Dwi dan Fiona Marselina Ginting. 2015. Pengaruh Biaya Promosi dan Potongan Harga Terhadap Penjualan (Studi Kasus PT Daihan Labtech Batam) Jurnal Manajemen Bisnis.
Ramadani. 2016. Hubungan Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, dan Volume Penjualan Terhadap Efektivitas Pemasaran Matahari Departement Store Tunjangan Plaza Surabaya. Jurnal Universitas Bhayangkara Surabaya.
Sanjaya, Wilhan. 2020. Pengaruh Kualitas Jasa dan Potongan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen PT. Mutiara Cipta Gemilang. Jurnal PMCI.
Sujudi, Lukman. 2019. Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Warung Six di Pekanbaru. Skripsi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.
Susetiyo, Bagus Agung, Sya’ad Afifuddin dan Sri Fajar Ayu. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Penjualan Karet di PT. Perkebunan Nusantara III (Persero). Jurnal Agribisnis Sumatera Utara.
Trigunawan, Ajis, Woro Isti Rahayu dan Roni Andarsyah. 2020. Regresi Linier Untuk Prediksi Jumlah Penjualan Terhadap Jumlah Permintaan. Bandung: Informatics Research Center.
Trihastuti. 2019. Kepuasan konsumen Internal Organisasi. Yogyakarta : Deepublish Publisher.
Wahyudi, Setyo Tri. 2017. Statistika Ekonomi (Konsep, Teori dan Penerapan). Malang : UB Press.
Wibowo. 2017. Manajemen Kinerja. Penerbit Rajagrafindo Persada, Depok.
Wibowo, Aditya Ari. 2017. “Komitmen dan Diskon Terhadap Volume penjualan di PT. Somit Karsa Trinergi Jakarta.†Jurnal Ekonomi dan Bisnis Agregat.
Witdiawati, Laili Rahayuwa dan Sheizi Prista Sari. 2018. Konsep dan Aplikasi Penelitian Tentang Kehidupan Pasien Kanker Payudara. Bandung: Unpad Press.
Wardhani, Siti Pramitha Retno. 2019. Intisari Biologi Dasar. Diandra Kreatif.