PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN BIAYA PEMASARAN TERHADAP LABA PADA PT. SUMATERA HAKARINDO MEDAN

Authors

  • Free Antonius Simanjuntak STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Feren Daslim STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Sunarji Harahap STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Elidawati Elidawati STIE Professional Manajemen College Indonesia

Keywords:

Production Cost, Marketing Cost, Profit

Abstract

Abstract. The main purpose of establishing a company is to earn a profit so that the company always strives so that the profit generated is far greater than the expenditure of operational costs. There are several factors that influence earnings, one of which is costs. These costs include production costs and marketing costs. The purpose of this study is to find out and analyze the effect of production costs and marketing costs on profits at PT. Sumatera Hakarindo. The type of this research is in the form of quantitative descriptive research with data collection methods carried out by interviews and documentary studies at PT. Sumatera Hakarindo. The population in this study is financial statements from 2015-2017. The sample in this study is a monthly report in the form of production costs, marketing costs and profits from 2015-2017 which amounted to 36 samples. Data analysis technique using multiple regression analysis. The results showed that 40.2% of the profit variable was influenced by the independent variables namely production costs and marketing costs. The results of the t test (partial) and f test (simultaneous) indicate that the production costs and marketing costs affect the profit of PT. Sumatera Hakarindo.

Keywords: Production Cost, Marketing Cost, Profit.

 

Author Biographies

Feren Daslim, STIE Professional Manajemen College Indonesia

Akuntansi

Sunarji Harahap, STIE Professional Manajemen College Indonesia

Akuntansi

Elidawati Elidawati, STIE Professional Manajemen College Indonesia

Akuntansi

References

DAFTAR PUSTAKA

Badriyah, Hurriyah. 2015. Buku Pintar Akuntansi Biaya Untuk Orang Awam. Jakarta: Penerbit HB.

Felicia, dan Robinhot Gultom. 2018. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Kualitas dan Biaya Promosi Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Medan: Universitas Methodist Indonesia.

Fitriana, Nur Dian. 2014. Buku Praktis Menyusun Laporan Laba Rugi. Jakarta: Laskar Aksara.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harnanto. 2017. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Jumingan. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Lestari, Wiwik dan Dhyka Bagus Permana. 2017. Akuntansi Biaya Dalam Perspektif Manajerial. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyadi. 2018. Akuntansi Biaya. Edisi 5 ed.). Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Murhadi, Werner R. 2015. Analisis Laporan Keuangan, Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Nuripa, Oktapia, Rizal R. Manullang dan Hariyani. 2017. Analisis Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada PT. Mayora Indah Tbk di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Pangkal Pinang: STIE-IBEK Bangka Belitung.

Priansa, Donni Juni. 2017. Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Putra, Indra Mahardika. 2018. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Quadrant.

Sodikin, Slamet Sugiri. 2015. Akuntansi Managemen: Sebuah Pengantar. Edisi Kelima. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015a. Akuntansi Biaya: Teori dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

. 2015b. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sujarweni, V. Wiratna. 2016a. Akuntansi Manajemen: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

. 2016b. Pengantar Akuntansi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumarsan, Thomas. 2013. Sistem Pengendalian Manajemen: Konsep, Aplikasi dan Pengukuran Kinerja. Edisi 2. Jakarta: PT Indeks.

. 2018. Akuntansi Dasar dan Aplikasi Dalam Bisnis Versi IFRS Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Supriyono. 2018. Akuntansi Biaya: Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Syaifullah, Hamli. 2014. Buku Praktis Akuntansi Biaya & Keuangan. Jakarta: Laskar Aksara.

Syukriadi, Muhammad. 2016. Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Laba Perusahaan dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada CV. Citra Sari Makassar). Skripsi. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

The, Ishak dan Arief Sugiono. 2015. Akuntansi Informasi Dalam Pengambilan Keputusan. Jakarta: PT. Grasindo.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran: Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Utari, Dewi, Ari Purwanti dan Darsono Prawironegoro. 2016. Akuntansi Manajemen (Pendekatan Praktis). Edisi 4. Bogor: Mitra Wacana Media.

Wijaya, David. 2018. Akuntansi UMKM. Yogyakarta: Gava Media

Downloads

Published

2020-07-23

Issue

Section

Volume 5, No 2: Desember 2019