PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT PENJUALAN PT. AMORINDO MITRA SENTOSA MEDAN

Authors

  • Winny Ricky STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Thomas Sumarsan Goh Universitas Methodist Indonesia
  • Wily Julitawaty STIE Professional Manajemen College Indonesia

Abstract

Abstract. PT. Amorindo Mitra Sentosa Medan is a company engaged in the sale of shoes and bags. In its operations, there has been a decline in sales over the past 3 years due to a lack of differentiation of products offered by the company and service quality that has not been optimal so that it does not meet customer expectations. The formulation of the problem in this study is whether product differentiation and service quality affect the level of sales at PT. Amorindo Mitra Sentosa Medan.The method used in this study is a survey approach, this type of research is quantitative descriptive and the nature of this research is descriptive explanatory. The population in this study is permanent customers of PT. Amorindo Mitra Sentosa Medan as many as 64 stores. The sampling technique used in this study was saturated sampling and amounted to 64 stores. The method of data collection is done by a Likert scale. The data analysis model used to answer the hypothesis is multiple regression.The results also showed that partially product differentiation had an effect on sales volume and service quality had an effect on sales volume at PT. Amorindo Mitra Sentosa Medan. The results showed that simultaneously product differentiation and service quality had an effect on sales volume at PT. Amorindo Mitra Sentosa Medan.

 

Keywords: Product Differentiation, Service Quality, Sales Volume

References

DAFTAR PUSTAKA

Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. 2014. Manajemen Pemasaran. Dep: Raja Grafindo Persada.

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Cetakan ke-12. Jakarta: Rineka Cipta.

________________. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ke-15. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri, Sofyan. 2017. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep & Strategi. Cetakan Ke-13. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Bahari Chabib dan Entis Tissaeni. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Penjualan Ikan Air Tawar PD. Sarakan Domas Subang Jawa Barat. Gema Ekonomi. Volume 5 No. 2.

Dimyati, Mohamad. 2018. Pendekatan Hayati: Strategi Pemasaran Untuk Menghadapi Persaingan Yang Dinamis. Bogor: Mitra Wacana Media.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi-12. Jilid-1. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasikan Pemasran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Manap, H. Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Marwanto, Aris. 2017. Master Sales. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Quadrant.

Maulana. 2016. Konsep dasar dan Kajian Praktis. Cetakan ke-1. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. 2014. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Cetakan ke-2. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Priyatno, Duwi. 2016. SPSS Handbook: Analisis Data, Olah Data & Penyelesaian Kasus-Kasus Statistik. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Mediakom.

Rochmah, Siti. 2014. Pengaruh Diferensiasi Produk dan Potongan Tunai Terhadap Volume Penjualan Industri Kecil Konfeksi di Kecamatan Semarang Barat. Jurnal STIE Semarang. Volume 6 No. 2.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Saputra, Pega. 2017. Pengaruh Diferensiasi Produk Terhadap Volume Penjualan pada Home Industri Jenah Mirah Josari Ponorogo. Jurnal Fekon. Vol 5 No. 1.

Setiyaningrum, Ari, Jusuf Udaya, dan Efendi. 2015. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Siregar, Syofian. 2017. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS versi 17. Cetakan Ke-5. Jakarta: Bumi Aksara.

Suchaeri, Heri. 2014. Total Customer Percepatan Laba Sepanjang Masa. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sudaryono. 2018. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Edisi Ke-1. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-25. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru

Tjiptono, Ferry dan Gregorius Chandra. 2017. Pemasaran Strategik. Edisi Ke-3. Yogyakarta: C.V. Andi Offset.

Wibowo, Lili Adi dan Donni Juni Priansa. 2017. Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Cetakan Ke-1. Bandung: Alfabeta.

Wijayanti, FL. Titik. 2017. Marketing Plan! Dalam Bisnis. Edisi Ke-3. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Zakiyudin, Ais. 2016. Manajemen Bisnis. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Zulkarnain, H. 2014. Ilmu Menjual: Pendekatan Teoritis dan Kecapakan Menjual. Cetakan Ke-2. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2019-06-25

Issue

Section

Volume 5, No 2: Desember 2019