PENGARUH AKREDITASI DAN KELOMPOK REFERENSI TERHADAP KEPUTUSAN SISWA MELANJUTKAN KULIAH (STUDI KASUS PADA SMA YAYASAN PENDIDIKAN KELUARGA MEDAN)

Authors

  • chon cho STIE Professional Manajemen College Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.57249/jbk.v9i1.106

Keywords:

Accreditation, Reference group, Continue collage

Abstract

This study aims to determine the effect of accreditation and reference group on the decision to continue collage. Population in this study were students of SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan which amounts to 150 students while the technique of sample sampling by randoms sampling with sampling technique using slovin method. So the sample in this study amounted to 35 people. This type of research is a quantitative research. Quantitative research is a research that aims to determine the degree of relationship and pettern/shape of infuence between two or more variables, which with this research will be built a theory that serves to explain, predict and control a symptom. The result of determination coefficient with correlation regression value equal to 0,802, meaning that together accreditation and reference group on the decision to college at SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan have contribution to the strong level. Then coeficient of determination Adjusted R Square ( aqual to 0,621 (62,1%). So it can be said that 62,1% variation of bound variable that is accreditation and reference group have contribution to decision to continue collage at SMA Yayasan Pendidikan Keluarga Medan while the rest of 37,9% have contribution by other variable outside model.

References

Dewi, Ira Hety Anggar. Kontribusi Pencitraan (Akreditasi, Kualitas Pelayanan dan Promosi) Terhadap Minat Kuliah di Universitas Slamet Riyadi Surakarta. Skripsi Program Studi Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

Fahmi, Irham. Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Bandung: Pernerbit Alfabeta, 2016.

Fradipta, Ivan Chandra. Pengaruh Iklan Internet dan Kelompok Referensi Terhadap Niat Beli Produk Smartphone Xiaomi. Bandar Lampung: Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung, 2017.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivarite dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro,2009.

Halim, Rizal Edy. Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Perilaku Pembelian Hsndphone. Jurnal Manajemen volume XV/01/Februari/2012.

Isnaeni, Rina. Pengaruh Motivasi, Kelompok Referensi, Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menempuh Pendidikan Pada Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Kamal, Bahri. Ghea Dwi Rahmadiane. Pengaruh Persepsi, Akreditasi Prodi, dan Promosi Terhadap Keputusan Memilih Program Studi Akuntasi Pada Politeknik Harapan Bersama. Program Studi DIII Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal, Indonesia. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, Vol 1,(2) No.145-158, 2017 e-2579-9401, p-2579-9312.

Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Nomor 187/U/1998, Tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kuncoro. Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Pada Keputusan Pembelian Produk Handphone Nokia. Skripsi: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2013.

Lopez, Fransisco Febriandy. Pengaruh Citra Perguruan Tinggi, Kualitas Pelayanan, dan Kesadaran Harga Terhadap Keputusan Studi Mahasiswa Indonesia Timu

--------Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2009.

--------Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Jakarta: Penerbit CV Alfabeta, 2010.

--------Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013

--------Metode Penelitian Kuantitatif, Kualititif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Nomor 28 tahun 2005, Tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Menteri Pendidikan Nasional.

Rina Malang. 2015. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 37 No.2 Agustus 2016. Di Surabaya. Artikel Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Rusiadi, et al. Metode Pnelitian. Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Konsep. Kasus dan Aplikasi SPSS. Eviews. Amos dan Lisrel. Cetakan Pertama. Medan: Penerbit USU Pers, 2013.

Situmorang, Syaprizal Helmi. Analisis Data Untuk Riset Manajemen Dan Bisnis. Edisi Dua. Medan: Penerbit USU Pers, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2008.

Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia, 2014.

Zahra, Nadiastika Hayyuna. Suharyono Dan Edi Yulianto. Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Di Rumah Makan Kimbap

Downloads

Published

2023-06-30

Issue

Section

Vol 8, No 2 Desember 2022